Rabu, 07 Maret 2012

menulis dan penulis

aku tak begitu suka membaca tulisan, tapi aku suka menulis. entahlah, apa aku bisa menjadi penulis yang baik walaupun aku tak suka membaca tulisan?

aku menulis dengan perasaan yang berantakan. aku menulis denga deretan huruf yang berjejeran dengan tidak rapi. aku menulis dengan banyak kata-kata yang amburadul. entahlah, aku tak mengerti.

sebelumnya, aku begitu suka dengan pelajaran bahasa indonesia. setiap ada pelajaran mengarang, aku begitu riang dan gembira. ini pelajaran favoritku. tapi entahlah, kenapa di setiap ulangan bahasa indonesiaku, aku selalu mendapat nilai yang jelek? oh.
 
aku tidak mengerti dengan arah tulisanku. awalnya aku menulis dengan lajur kiri, tiba-tiba menggok ke lajur kanan. ahh...

menulis itu sebuah hoby, bukan paksaan atau sebuah keharusan. aku suka menulis walaupun aku tahu, tak banyak waktuku untuk bisa menulis. namun, entahlah kenapa aku selalu bisa menyempatkan diriku untuk menulis beberapa rangkai sajak tentang diriku dan kehidupanku. atau, menulis sebuah cerita yang pernah aku dengar. mengemasnya seolah-olah itu terjadi padaku. aku selalu suka melakukan hal itu!

aku suka membayangkan diriku berada di dalam sebuah cerita, semcam dongeng. menjadi seorang putri yang teraniaya dan tiba-tiba ada pangeran berkuda, berwajah ganteng dengan pedang yang berhasil menyelamatkanku. kemudian di akhir cerita kami menikah dan menjalin sebuah rumah tangga yang damai dan tentram bersama anak-anak kami. tumbuh tua bersama di dalam sebuah rumah yang hangat oleh kasih sayang. penuh dengan tawa dan keceriaan. 

tapi itu hanya dongeng. yang kejadiannya pun masih disangsikan. tapi banyak juga yang menyukai setiap cerita dongeng itu. sebenarnya intinya sama saja, hanya saja pengemasannya yang berbeda. ada putri saljulah, ada putri tidurlah, ada rapunzellah, dll.

hah! aku hanya ingin menjadi seorang penulis. hanya itu saja.

rasanya duduk dan berada didepan layar leptop sambil membayangkan alur sebuah cerita seperti ini sangat amat menyenangkan bagiku. aku suka memakai banyak kata dan bermain dengan banyak makna. aku suka membaca sebuah karya dengan alur yang sulit dan gaya pemahaman yang sedikit memainkan otak. aku suka itu.

tapi aku tak begitu suka membaca sebuah buku pelajaran yang alur dan jalan ceritanya benar-benar tak ku mengerti. aku bosan.

aku hanya ingin menjadi seorang penulis! 

hahahaha, penulis yang bagaimana pun aku tak tahu. bahkan mungkin beberapa orang yang membaca tulisan ini pun akan tertawa dengan tawa mencemooh. ahh...

entahlah ini mimpi atau cita-cita.

tapi, yang aku tahu. aku selalu ingin menciptakan bukuku sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar